5 Tumbuhan Tertua di Dunia

Makhluk hidup - mempunyai kemampuan yang berbeda - beda dalam hal bertahan hidup dan meneruskan garis keturunan mereka dari berbagai kondisi perubahan alam yang terjadi. Ada yang mampu mempertahankan species-nya hingga jutaan tahun dan ada pula yang ribuan tahun, namun sayangnya ada pula yang mengalami kepunahan sejak lama. Khusus untuk tumbuhan, berapa lamakah usia tumbuhan yang bisa dicapai? Ratusan, ribuan, atau bahkan lebih dari itu? Berikut ini daftar 5 tumbuhan tertua di dunia, yang bisa jadi membuat Anda terperangah betapa lamanya mereka bisa bertumbuh dan tetap hidup.



1. Posidonia oceanica

Posidonia oceanica
Rumput laut raksasa di Laut Mediterania menduduki peringkat pertama karena berumur 200.000 tahun. Dia berhasil menyalip tanaman Tansania yang selama ini diyakini sebagai yang tertua.



2. Lomatia tasmanica

Lomatia tasmanica
Tanaman Tasmania ini diyakini sudah berumur 43.600 tahun. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan bunga berwarna merah jambu. Meski punya bunga, tapi tanaman ini tidak menghasilkan buah dan biji. Sejauh ini, hanya satu koloni spesies ini yang diketahui hidup di dunia liar.




3. Gaylussacia brachycera

Gaylussacia brachycera
Tanaman semak rendah asal Amerika Utara ini satu keluarga dengan blueberry dan tanaman huckleberry lainnya. Usia koloni tanaman ini bisa mencapai umur 13.000 tahun.




4. Larrea tridentata

Larrea tridentata flowers

Larrea tridentata
Tanaman ini banyak dijumpai di gurun di Amerika seperti Mojave, Sonoran, dan Chihuahuan. Umur tanaman ini bisa mencapai 11.000 tahun. Tanaman ini banyak dipakai untuk keperluan obat herbal.



5. Populus tremuloides

Populus tremuloides

Populus tremuloides trees
Pohon ini bisa tumbuh sampai ketinggian 25 meter. Tanaman ini berasal dari daerah dingin di Amerika Utara. Dia bisa berumur sampai 10.000 tahun. Temukan Berita Santara di Google, Bing, Yahoo untuk artikel mengenai 5 Tumbuhan Tertua di Dunia ini.


0 Response to "5 Tumbuhan Tertua di Dunia"

close
Banner iklan disini